Skip navigation

untuk dapat menilai efektifitas keberhasilan dari pelaksanaan politik luar negeri sebuah negara, maka hal yang paling pertama dilakukan adalah mencari pembanding yang tepat, unsur yang paling dapat di tentukan adalah melalui dua hal yang menjadi tonggak berjalannya politik luar negeri itu sendiri, yaitu Kepentingan Nasional dan juga Tujuan Nasional.
keterukuran keberhasilan itu bisa dilihat dari tujuan nasional yang dibuat berdasarkan kepentingan nasional yang kemudian dirumuskan elit sebuah negara dan instrumen untuk mencapai tujuan tersebut tergambar dari strategi diplomasi yang merupakan implementasi dari kebijakan politik luar negeri yang twelah dirumuskan.
keterkaitan kedua elemen tersebut akan menghantarkan kita untuk dapat menilai efektifas berjalannya atau berhasilnya pelaksanaan politik luar negeri sebuah negara pada kurun waktu tertentu. sehingga secara sederhana penilaian berhasil adalah ketika pelaksanaan tersebut telah berhasil melindungi ketercapaian kepentingan nasional negara tersebut.
untuk mengurai pelaksanaan politik luar negeri Indonesia, terlebih dahulu kita harus mengetahui sasaran yang ingin dicapai pada kepentingan nasional negara Indonesia, kemudian memperhatikan tujuan nasional yang di ikuti mencermati model strategi apa yang digunakan dalam pelaksanaan politik luar negeri tersebut dan juga di dalam pelaksanaan diplomasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: