Skip navigation

Subhanallah, itu ucapan saya pertama kali begitu membaca hasil kuis kedua isu-isu global di angkot menuju terminal batu ampar, 27 mei 2010. antara lucu dan juga tertegun dengan semua aspirasi yang mahasiswa saya sisipkan pada ujian quis kedua isu-isu global tersebut. wah terima kasih sekali atas masukkannya, saya mendapatkan acuan yang luar biasa dari mahasiswa saya atas apresiasi selama saya mengajar dikelas mereka. semuanya beragam dan mungkin ini pertama kali saya menerima kritikan tajam secara berjamaah. walau yah saya berusaha menanggapinya positif dan proporsional. walau juga yah lucu juga bahwa ada beberapa pesan yang termuat didalamnya justru jauh melenceng dari keinginan saya yang ingin mendapatkan apresiasi malah justru berujung permohonan. well oleh sebab itu saya akan tetap mempostingkan semua kritikan dan saran anda, dan demi menjaga privasi anda saya tidak akan menyebutkan nama. tapi sekali lagi terima kasih masukkannya, karena jika tidak begitu saya tidak tahu perkembangan dan kemajuan apa yang saya raih dalam mengajar. berikut dibawah ini merupakan saran dan kritikan anda tanpa saya kurangi atau tambahi, dan apa adanya :

“Bapak is the best”

“mencintai proses untuk menjadi dosen yang lebih baik. sukses selalu pak, amin”

“ujian 10 menit persoal, bikin konsentrasi buyar, belum selesai soal satu lagi udah ada soal yang lain. tapi selepas itu semua so far so good pak !”

“saran ! ~ bapak jangan terlalu sensitif,😀
~ Bapak jangan mudah tersinggung, pizz pak !”

“Pak hijrah, thank u so much buat pengajarannya selama ini, tak ada gading yang tak retak. utk kedepan mohon wibawa bapak sbg dosen ditingkatkan dgn tidak banyak useless joke di kelas. that’s all, pak. god bless u! ^_^”

“saran-saran buat pak hijrah
1. membuat slide-slide presentasi yang lebih unik & kreatif yang dapat mengundang minat mahasiswa untuk lebih memperhatikan materi yang dijelaskan.
2. menjadi dosen yang lebih akrab dengan mahasiswa
3. dalam mengajar dapat lebih serius tetapi tetap santai
makasih pak!”

“saran!
kalau buat bahan jangan banyak pengertian dari ahli pak, jadi susah untuk diingat namanya. tapi bagus juga, jadi referensi yang kami baca jadi ilmiah karena sumbernya.”

“saran!
soalnya di kurangin dong!”

“saran : bapak jangan terlalu sensitif, bapak suka bercanda kami selalu maklum, begitu juga kami, kami gak pernah mau menyinggung bapak, karena kami tetap hormati bapak sebagai dosen, jadi kami juga suka bercanda pak ….^_^….maaf kalau saya ada salah ya pak….pissss….”

“saran : harus lebih tegas.”

“saran buat pak hijrah : XXXX xxxxxx xxxxxx xxx xxxxx xxxx xxxxx xxxxx xxxxx xxxxx (maksudnya di coret xP) bingung, no comment”

“Saran to pa’ hijrah :
ngeliat bapak jadi lupa semua jawabannya. selanjutnya no-comment …”

“saran : menurut saya, cara mengajar bapak sudah bagus dan bisa cukup di mengerti, tapi mungkin bapak jangan meraju lagi (maaf ya pak)”

“saran untuk pak hijrah :
~ bapak jangan sukai marah-marah ya🙂
~ untuk perkuliahan, saya suka dengan metode pengajaran bapak, karena santai tapi serius”

“saran –> bapak jangan terlalu sering bercanda, jadi serius dikit dunk. kl lgi kuis suka berisik,”

“saran buat bapak :
1. jangan mengajak ngobrol waktu quis/ujian pak karena bisa memecah konsentrasi berfikir,
2. cara mengajar bapak sudah bagus, lebih santai dari sebelumnya saat asia tenggara.
3. apa lagi ya pak…bingung pak ! yang penting saya bisa lulus di mata kuliah ini. amiin … hehehe …^_^”

“buat pak hijrah ! ( anggap aja twitter bapak usernamenya @hijrahdosen). xxxxxxx xxxxx xxxxx (xxxxxxxxx)
@hijrahdosen jangan kebanyakan analisis pak kalo bikin soal. mendingan textbook aja, jadikan lebih asik. mudahan nilai saya bagus-bagus pak. doain saya pak ya! nanti saya traktir bakso langganan saya. terima kasih. mudahan bapak bisa melanjutkan study. senyum ^_^
1 minute ago in reply to @hijrahdosen via mobile tweete”

“saran untuk bapak = no comment pak…Gahool…!!”

“saran2 : lebih gaul, lebih baik”

“saran untuk pak hijrah : sudah baik, dalam mengajar tidak terlalu tegang”

“kritik dan saran
~ terkadang harus lebih tepat waktu.
~ terkadang cara bicara bapak agak kasar meskipun bahasanya halus”

“saran : ~ jika teman2 ada yang presentasi, saya harap bpk juga mendengarkan, jangan hanya cerita2, yg saya liat, teman2 presentasi, bpk ngobrol sma arif, maaf”

“saran dan kritik
– nice – ^_^

“saran :
becandanya dibanyakin pak, tapi seriusnya juga ditambahin dalam menyampaikan materi agar mahasiswa tidak seenak-enaknya nyeletuk kalau bapak lagi menyampaikan materi, harus lebih tegas kepada mahasiswa”

“saran : sudah baik ngajarnya pak, lanjutkan aja ngajarnya seperti ini ngajarnya serius tapi santai aja pak”

“saran
1. meningkatkan lagi keberadaan dan posisi bapak agar tetap dihormati dan dihargai oleh mahasiswa namun tetap menyenangkan.
good luck sir
GBU”

“saran & kritik :
maju terus, cool, becandanya bagus tapi jangan berlebihan pak, slides menarik, soalnya rumit=saya ga tega mempersingkat ! thank you”

“saran :
pak terusin cara mengajar yang seperti ini sebab mengasikan oya pak knp kemaren saya ga jadi anak pembimbing bapak pak ya … satu lagi bapak itu ok & cool …. (untuk yang satu ini terpaksa saya komenin, nak kalau kamu tahu, mahasiswa bimbingan saya pada nangis gara-gara saya..sedih loh)”

“saran :
– KEEP SMILE BAPAK iiP
:beer : gan haha
izin nyimak aja ya gan.
kunjungi thread ane haha jk pak. kalo kasih soal jangan banyak-banyak pak ya. tangan ulun rasa teburahai pak ay iiP
wassalam :)”

“saran : BAPAK BAIK !!!
BAIK SEKALI !!!
SEKALI BAIK TETAP BAIK !!!
DAN SEMOGA SELALU MENJADI ORANG BAIK !!!

YA KARENA BAPAK ORANG BAIK, TOLONG BANTU NILAINYA
PAK YAH ….
SAYA SELALU BUTUH ORANG SEPERTI BAPAK
YANG DAPA MEMIMPIN SAYA UNTUK MENJADI KELUARGA
YANG MAWADDAH, SAKINAH, DAN WAROHMAH !!!
AMIEN !!! ^_^”

“saran & kritik :
awal ngajar semester lalu bapak lebih keliatan pendiam & sekarang jd lebih banyak bercanda. tp menurut saya jgn terlalu berlebihan juga. terutama kalo lg kuiz. jadi merusak konsentrasi”

“kritik & saran pak hijrah :
~ bapak ini cerdas, baik, asik lo ngajar, cuma jangan cerewet banget tah pak, lo nerangin fokus ma yang diterangkan ke kita. jangan bahas yang lain
~ soalnya ok pak !!! ^_^
~ pake kaca mata lebih cool ^_^”

“saran : no comment pak …

“kritik & saran buat pa’ hijrah :
~ pa’ bahan buat kuis ini menurut saya bahasanya agak sulit untuk dipahami terutama yang tentang HAM, terlalu banyak.
~ gaya ngajar bapak asyik…santai tapi tetap berbobot. teruskan seperti ini, pa’… hehehe …^_^
~ kasih nilai yang tinggi & bagus buat teman2 HI’07 ya pa’… biar lulus semua kita

“saran : –> bingung : tapi yang jelas cara mengajar bapak bagus. tidak membuat mahasiswa tegang, kuliah jadi lebih santai”

“saran dan kritik : not bad. analisisnya mengenai kasus yang diberikan atau ditanyakan mahasiswa dapat dijelaskan secara baik. hanya saja kadang bercanda dgn hal-hal yang bs dibilang kurang diperlukan, but so far so good. its fun… be better again, hehe…”

“saran & kritik !
dalam menganalisis kasus dapat dipahami secara baik o/ mahasiswa. terkadang bapak suka becanda denfan hal … tapi jika dibecandai bapak marah/ngambek hehe.”

“dear mr. hijrah,
i guest everything’s ok, as long as you feel comfort with your method. i really appreciate for your effort to ask some critics from us (your student). you are a person who always try to make something n everything better. ot has been a great point for you as our lecturer.
i think, i and my freinds also want to be your nice student. ^_^
Ganbatte ! keep your spirit,
warm regards”

“SARAN : lebih mengontrol emosi pak”

“sedikit catatan buat pa’ hijrah
1. pa. jawaban saya ancur pa…kacau…ga tau sudah gimana T.T
*mudah2an terjadi sedikit keajaiban dengan jawaban saya. amin
2. pa. bahasa slide bapa. agak susah saya mengerti agak terlalu berat pa.
3. ga tau lagi pa ^_^”

” – saran buat pak hijrah :
~ overall good job….
~ masukan saya tidak ada…hehehehee…”

“*saran : cukup jadi diri sendiri, karena dgn jadi diri sendiri kita akan merasa lebih baik (komen saya, saya langsung terharu……)”

“note for mr.hijrah :
~ maaf sebelumnya pak, tapi dari pandangan saya sebagai mahasiswa bapak terkadang moody. kadang masih ngambek dalam menghadapi guyonan-guyonan mahasiswanya. padahal dari apa yang saya liat, bapak punya pribadi yang funny,santai tapi serius. sometimes bapak temperamental. mungkin karena bapak baru jadi dosen. but overall, bapak orangnya asik, tau gimana cara ngaish materi yang gampang dicerna mahasiswa. untuk menambah kredibilitas bapak. tolong luluskan saya pak. biar banyak salah tapi murni jawaban sendiri.”

“Saran.
pak, luluskan saya …
selama saya masuk mata kuliah bapak, anda adalah orang yang simple, tegas dan baik.
namun. bpak sering kali lewat setengah jam masuk kelas, jadi saya keburu pulang. maaf ya pak …^_^
semoga saya lulus,aminnnn….?

“SARAN :
~ PAK SUARANYA AGAK DIBESARIN, KADANG-KADANG SAYA NGANTUK !! HA HA HA CK CK CK WK WK WK ^_^
~ BECANDANYA DITERUSKAN JADI MAHASISWA GAK STRESS !!

“kritik & saran
~ kalau sedang kuis atau semacamnya kurangi pembicaraan yg tidak penting karena sungguh sangat membuyarkan konsentrasi hehe peace pak ^_^V”

“saran :
` jangan terlalu sering memojokkan mahasiswa, karena akan membuat mereka menjadi minder dengan diri mereka sendiri.
`jangan perajuanlah, dengan meraju didepan mahasiswa sama saja dengan menjatuhkan wibawa sebagai seorang dosen, misalnya meraju dengan 1 mahasiswa yang mucil lalu keluar kelas, sehingga mengorbankan mayoritas mahasiswa yang masih ingin belajar”

“(love) kritik dan saran (love)
– pak, jangan sering ngambek yah, kan kasihan tmn2 y’ lain’ y memang mau dengerin & belajar ma bapak
– pak, lanjutkan hoby ngina orang, hehehe (biar bnyk dosa,piss)
– well, secara keseluruhan bpk easy going y’ jelassudah banyak perubahan dari awal asteng dulu, dan dalam menerangkan materi pun bpk udh lebih baik ya walapun masuh banyak penjelasan y’ aneh-aneh dan nyeleneh, hehehe
oya satu lagi,
– pak jangan cerewet dnk kalo wkt ujian, hoho
(mungkin ini komen terparah yang saya temui, karena saya disuruh buat dosa T_T,, masya ALLAh)

“Komentar buat pak hijrah :
– “good job, pak “lanjutkan.!!!
– kalau ngajar oke pak, dengan joke-joke yg gak buat kita tegang…
– kalau kuis jangan sulit 2 pak soalnya, trus jangan diruang sempit pak, keringatan kita ngerjai….He He He….piss dah pak”

“buat pak Hijrah :
– pak, kalo bisa kuisnya jangan beranak2, soalnya keringatan ngerjainnya pak…hehehehe v (^^) pisss…
– banyakin lagi becandanya pak …hehehe….
– sisanya MANTAP …d(^^)b”

“saran u/ pak hijrah : semoga bapak bisa membaca tulisan berait karena sy susah u/ tidak menulis berait pak…..hehehehe……..”

“KRITIK & SARAN to pa’ HijRaH
– kalo ujian bapak jangan banyak memberikan pencerahan / sejenisnya terkadang mengganggu konsentrasi
– kalo menjelaskan sedikit tegas agar teman-teman bisa m’hormati & mengerti materi yang diberikan
– jangan juga narsis pak ^^ V”

saran : – didalam mata kuliah ini sangat menarik karena setelah diskusi adanya penyampaian materi oleh bapak sehingga apabila ada pemahaman yang kurang jelas oleh penyaji dapat diluruskan.
– perkuliahan juga santai tapi tetap serius namun pak saran saya becanda-becanda dapat di kurangi agar kita tidak terbiasa dan melakukan hal yang sama terhadap dosen lain yang tidak sama dengan bapak. terima kasih”

(sebagian memang ada yang tidak memberikan komentar apapun, ya tidak apa-apa, semua itu memang tidak hanya diharapkan sebagai masukan bagi saya tapi juga untuk mengetahui apakah pengajaran saya sudah dimengerti oleh anda sekalian, btw at least terima kasih masukkan yang berarti bagi saya….selamat belajar untuk ujian akhir anda) – cayooooo

3 Comments

  1. hmmm…
    cie…cie…yang jadi dosen..
    sensei..belum bisa ngampus nie…minggu depan bisanya..baru kelar urusan2 saya di luar kota ^^

  2. kalau ada yang merasa ingin menambahkan saran, tulis aja disini…..xP

  3. Yuchan, oke deh gpp..bisa diatur


Leave a Reply

